.COM | – Dirut PT Jogkem Grup DR. (Can) Ariyanto, SE.MM., menyatakan, salah satu alasannya maju pada Pemilukada 2024 adalah memperkuat komitmen menjaga konsistensinya. Ariyanto yang maju sebagai bakal calon wakil walikota itu, mengapresiasi pemerintah yang selama ini melakukan pembinaan , hanya saja diperlukan pendampingan yang berpengaruh.

“Bahwa pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah seharusnya tidak hanya sebatas pada pelatihan dan menyelenggarakan pameran. Namun lebih dari itu, pendampingan yang efektif harus mampu memperkuat komitmen dan konsistensi para pelaku ,” ujar Ariyanto saat ditemui disela-sela kegiatan Poadcast di studio Tribun , Selasa (4/6/2024).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Ini bisa dilakukan melalui pembinaan manajerial, pelatihan keterampilan atau pengembangan jaringan kerja yang kokoh,” ungkapnya.

Lebih jauh Ariyanto menerangkan, terdapat sejumlah penghambat dan kendala untuk naik kelas, yakni rendahnya konsistensi dan komitmen pelaku .

“Ketika para pelaku terus-menerus beralih dari satu bidang usaha ke bidang usaha lain dengan cepat, hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan dan kehilangan fokus. Terbatasnya sumber daya membuat sulit untuk menjaga konsistensi dalam operasional mereka,” paparnya.

Disebutkan pula oleh Ariyanto, bahwa kurangnya modal menghambat investasi dalam bahan baku berkualitas atau pengembangan produk baru, pada gilirannya dapat mengganggu aliran produksi dan pertumbuhan jangka panjang.

Baca Artikel Lainnya :