adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data dan informasi. terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras meliputi komponen-komponen fisik seperti CPU, RAM, hard drive, monitor, dan periferal lainnya. Perangkat lunak meliputi sistem operasi, , dan program-program yang digunakan untuk mengolah data. dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menjalankan kantor, menjelajah internet, bermain game, dan lain-lain.

Sejarah Komputer

Sejarah dimulai pada abad ke-19 dengan munculnya mesin hitung mekanis yang dapat digunakan untuk menghitung operasi aritmatika. Pada tahun 1822, Charles Babbage mengembangkan konsep mesin hitung yang disebut “Analytical Engine”, yang dianggap sebagai pertama yang dirancang. Mesin ini memiliki kapasitas untuk menyimpan data dan program, tetapi tidak pernah dibangun karena keterbatasan pada saat itu.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pada tahun 1937, John Atanasoff dan Clifford Berry mengembangkan elektronik pertama yang disebut “Atanasoff-Berry Computer” (ABC). Ini adalah pertama yang menggunakan sistem elektronik digital, yang lebih cepat dan akurat daripada mesin hitung mekanis sebelumnya.

Setelah Perang Dunia II, elektronik mulai dikembangkan secara massal oleh berbagai negara dan perusahaan. Pada tahun 1946, ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dikembangkan oleh J. Presper Eckert dan John W. Mauchly. Ini adalah elektronik pertama yang dapat digunakan untuk berbagai , seperti perhitungan ballistik dan perencanaan logistik.

Pada tahun 1951, UNIVAC I (UNIVersal Automatic Computer I) dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly, merupakan komersial pertama yang diproduksi dan dijual kepada klien eksternal.

Kemudian mulai mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun, dari generasi pertama yang besar, mahal dan tidak mobile menjadi generasi kelima yang lebih kecil, terjangkau dan mobile. Pada saat ini telah menjadi alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan dalam berbagai bidang, seperti , , hiburan, dll.

Baca Artikel Lainnya :