| – Pembangunan infrastruktur transportasi merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan suatu daerah.

Pembangunan Ring Road sepanjang 6,9 km di , yang membentang dari hingga Rejosari, merupakan langkah strategis yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan memacu perkembangan lokal.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Namun, analisis menggunakan citra satelit Landsat 8, dengan pengukuran NDVI dan NDWI sebelum (28 Maret 2021) dan sesudah (20 Maret 2024) pembangunan, menunjukkan adanya dampak signifikan terhadap vegetasi dan kandungan air di sekitar area tersebut.

1. Dampak

a. Peningkatan Aksesibilitas dan Mobilitas :

Pembangunan Ring Road di secara langsung meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas penduduk serta barang. Jalan yang lebih baik dan lebih cepat memungkinkan distribusi produk lokal ke pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah dan daya saing .

b. Pengembangan Wilayah

Dengan adanya Ring Road, potensi pengembangan wilayah di sepanjang jalur tersebut meningkat. Hal ini dapat mendorong munculnya pusat-pusat baru, seperti pusat perbelanjaan, industri kecil dan menengah, serta kawasan hunian baru. Pembangunan infrastruktur ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran.

c. Efisiensi Transportasi

Pengurangan waktu perjalanan dan biaya transportasi adalah keuntungan langsung dari Ring Road. Hal ini berdampak pada efisiensi logistik yang lebih baik, menurunkan biaya produksi, dan pada akhirnya harga barang yang lebih kompetitif di pasar.

2. Dampak Lingkungan

a. Penurunan Vegetasi (NDVI)

Analisis NDVI menunjukkan bahwa setelah pembangunan Ring Road, nilai vegetasi di daerah sekitar mengalami penurunan signifikan. Warna merah yang dominan pada peta NDVI sesudah pembangunan menunjukkan adanya degradasi lingkungan, terutama berkurangnya area hijau. Hal ini bisa disebabkan oleh konversi lahan hijau menjadi jalan dan area pendukung lainnya.

b. Peningkatan Kandungan Air (NDWI)

Sebaliknya, analisis NDWI menunjukkan peningkatan kandungan air di sekitar Ring Road setelah pembangunan. Warna biru yang dominan mengindikasikan peningkatan jumlah air di area tersebut. Ini bisa disebabkan oleh peningkatan drainase atau sistem pengelolaan air yang lebih baik sebagai bagian dari proyek infrastruktur.

Baca Artikel Lainnya :