.com – Berbagai seni bertabur kebudayaan ditampilkan dalam Pagelaran Seni Budaya Pameran Produk Unggulan dan Kreatif yang dilaksanakan pada Minggu (25/6) di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Kegiatan rutin tahunan ini diselenggarakan oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Selain Tari Adara Purwa, Campursari, serta Tayub, pada kesempatan tersebut juga ditampilkan drama tari yang mengisahkan tentang cerita ‘Danurekso Sang Duto', Dimana Danurekso merupakan seorang maling sakti yang tunduk dan menjadi santri pada Kanjeng .

Pada suatu malam ia diutus untuk mengambil keris yang tertinggal di rumah Mbok Mbarang, dengan menggunakan ilmunya ia berhasil mengambil keris Kanjeng Sunan namun Mbok Mbarang meneriakinya karena mengira maling, sehingga terjadi peristiwa saling kejar antara kelompok warga yang dipimpin oleh Joko Luwuk yang membuat Danurekso menyelam masuk dalam kolam lele.

Meski ditutupi oleh ikan lele dalam kolam, kejadian itu tidak berlangsung lama hingga akhirnya Danurekso pun memilih keluar dari kolam lele. Pertarungan sengit antara Danurekso dan Joko Luwuk tidak terelakkan hingga mengganggu munajat Kanjeng .

Baca Artikel Lainnya :