.COM | Perkembangan kain tenun ikat yang berada di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten telah menunjukkan beberapa kemajuan dalam bisnisnya.

IMG_20240610_222115_11zon
Bs Iklan 970x250_11zon
IMG-20240708-WA0017_11zon
IMG_20230829_204843

Kain tenun Parengan memiliki potensi yang signifikan. Pemerintah Kabupaten terus mengembangkan komoditi ini untuk membangkitkan masyarakat.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

, , mengatakan bahwa tenun ikat ini memiliki nilai budaya, sejarah, dan yang signifikan, sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan untuk kebangkitan masyarakat di Kabupaten .

Untuk meningkatkan daya tarik Desa Parengan sebagai destinasi tenun ikat, Pemerintah Kabupaten mengadakan festival mural .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kegiatan ini melibatkan seniman muda berbakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan .

Desa Parengan memiliki 52 unit usaha tenun ikat dengan total pekerja mencapai 2.700 orang. Kapasitas produksi per bulan mencapai 3.000 potong kain tenun dan 20.000 lembar sarung. telah menembus pasar , seperti Somalia dan Timur Tengah, melalui eksportir di .

memiliki ciri khas berupa bahan kain yang lebih halus dan tidak begitu tebal, memberikan kesan dingin ketika dipakai. Motif khas berupa ‘gunungan' yang dibentuk menyerupai gapura, melambangkan gunung mati di yang dihidupkan kembali melalui .

Dalam beberapa aspek, telah menunjukkan kemajuan dalam meningkatkan masyarakat dan menembus pasar .

Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti permodalan dan persaingan pasar yang lebih dikuasai oleh pengusaha-pengusaha yang lebih besar.

Dengan demikian, perlu dilakukan upaya yang lebih lanjut untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk tenun Parengan.

Strategi yang diterapkan oleh kain ikat Parengan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usahanya secara meliputi beberapa langkah:

1. Pengembangan Kapasitas dan Kapabilitas Penenun

Galeri Kerajinan telah menerapkan pendekatan cultural yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas penenun.

Baca Artikel Lainnya :