.com – Mengalami kram pada perut tentu menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, tetapi hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab atau colic abdomen (baca: kolik abdomen) merupakan suatu kondisi yang terjadi karena adanya kontraksi berlebih pada otot skeletal seperti otot dinding perut maupun otot polos penyusun organ dalam perut seperti usus, lambung, ginjal, rahim ataupun organ lainnya.

Gejala ditandai dengan rasa nyeri teramat sangat yang muncul mendadak hingga berkembang secara bertahap dan menjadi kronis bila tidak segera ditangani. Rasa sakit yang khas dari terjadi dengan pola bergelombang dengan interval tertentu.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Penyebab  bisa terjadi akibat beragam hal, mulai dari penyebab ringan seperti ketegangan otot akibat terlalu sering berolahraga, penumpukan gas berlebih di dalam perut, hingga kondisi serius seperti radang usus dan berbagai masalah lambung seperti gastroparesis atau gastritis.

Penyebab Kram Perut:

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa kemungkinan penyebab kenapa yang biasanya dirasakan penderita:

1. Otot perut tegang

Aktivitas yang mengandalkan kekuatan otot perut seperti sit-up tanpa pemanasan cukup, atau intensitasnya berlebihan, terkadang bisa menyebabkan otot perut tegang dan kram.

2. Kekurangan cairan

Ketika tubuh banyak berkeringat, muntah, atau diare tanpa diimbangi asupan cairan yang cukup, otot jadi rawan kram. Termasuk bagian perut.

3. Penumpukan gas di dalam perut

Gas yang menumpuk di perut juga bisa memicu kram, perut kembung, begah, dan kerap bersendawa atau kentut.

4. Penyakit radang usus

Penyebab berkepanjangan kemungkinan terkait peradangan kronis usus; seperti penyakit crohn dan kolitis ulserativa.

5. Sindrom iritasi usus besar

Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan jaringan usus, seperti penyakit radang usus. Selain , penderita biasanya juga merasakan kembung, sembelit atau diare bergantian, dan perut begah.

6. Penyakit radang lambung

Peradangan lambung terkait penyakit gastritis atau gastroenteritis bisa menyebabkan gejala , mual dan muntah, atau diare. Penyakit ini biasanya disebabkan infeksi virus atau bakteri.

Baca Artikel Lainnya :