adalah kunci penting untuk menjaga tubuh dan meningkatkan kebugaran. Bagi pemula, memulai rutin mungkin terasa menantang, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menciptakan kebiasaan yang sehat.

Berikut adalah panduan untuk memulai rutin sebagai pemula.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

1. Konsultasikan dengan Dokter

Sebelum Anda memulai rutin apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki masalah yang mungkin memengaruhi kemampuan fisik Anda.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

2. Pilih yang Anda Nikmati

Cari yang sesuai dengan minat Anda. Ini bisa berupa berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau bahkan latihan di dalam ruangan seperti yoga atau pilates. Memilih yang Anda nikmati akan membuat Anda lebih termotivasi untuk melanjutkannya.

3. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan yang realistis dan terukur. Misalnya, berencana untuk berjalan selama 30 menit setiap hari atau bersepeda selama 45 menit tiga kali seminggu. Tujuan ini dapat membantu Anda tetap fokus dan termotivasi.

4. Mulai dengan Perlahan

Jika Anda baru memulai, penting untuk memulai dengan perlahan. Jangan terlalu memaksakan diri Anda. Mulailah dengan intensitas yang rendah dan lama-kelamaan tingkatkan intensitasnya seiring dengan perkembangan Anda.

5. Rutinkan

Buat jadwal rutin untuk berolahraga. Menjadwalkan waktu untuk berolahraga seperti Anda menjadwalkan pertemuan penting. Ini akan membantu Anda menjaga konsistensi.

6. Gunakan Teknik yang Benar

Baca Artikel Lainnya :
MUNGKIN ANDA TERTARIK :