.COM – Pembayaran metode Cash On Delivery (COD) adalah pembayaran dimana pembeli bisa membayar secara tunai barang yang dibeli secara online lewat kurir yang mengantar barang ke rumah.

Pembayaran jenis ini sangat banyak diminati oleh masyarakat karena banyak orang yang tidak memiliki rekening untuk transfer.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sebelum ada pembayaran metode COD, jika ingin berbelanja lewat online setiap orang harus membayar melalui transfer secara langsung ke penjual.

Hal tersebut membuat tidak banyak orang bisa berbelanja online. Tetapi sekarang metode COD hadir dan membuat online semakin berkembang pesat.

Kelebihan dari metode COD hampir semua platform belanja online sudah menerapkan metode dengan pembayaran COD, meskipun lebih mahal karena ada biaya administrasi tetapi para pembeli terbukti lebih banyak yang memilih pembayaran dengan COD daripada transfer.

Apa kelebihan dari pembayaran menggunakan COD? Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut :

Pembeli yang tidak memiliki rekening bisa berbelanja online karena bayarnya cash ke kurir yang mengantar barang.

Menghindari penipuan. Jaman dulu banyak pembeli yang sudah melakukan transfer tetapi setelah transfer barang tidak dikirim oleh penjual.

Pembeli bisa memeriksa barang terlebih dahulu apakah sudah sesuai dengan yang dibeli atau tidak. Jika tidak sesuai, maka pembeli bisa menolak untuk membayar.

Tidak hanya platform online seperti beberapa macam marketplace yang bisa digunakan untuk membeli barang online dengan metode , tetapi juga penjual perorangan yang menjual barang di social media seperti WA, , dan .

Hal diatas bisa terjadi dikarenakan hampir semua jenis ekspedisi pengiriman barang melayani pembayaran dengan metode COD.

Baca Artikel Lainnya :