dapat bermanfaat bagi penderita penyakit jantung jika dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. Ingatlah bahwa setiap individu memiliki kebutuhan dan batasan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting memahami tips aman bagi penderita jantung serta selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai atau mengubah program latihan Anda. Dokter Anda akan dapat memberikan panduan khusus sesuai dengan kondisi jantung Anda.

Berikut adalah beberapa tips bagi penderita jantung:

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Konsultasikan dengan dokter

Sebelum memulai program latihan apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jantung Anda. Mereka akan dapat memberikan panduan khusus berdasarkan kondisi jantung Anda.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pilih yang aman

Pilih jenis yang rendah dampak dan aman untuk jantung, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau latihan aerobik ringan. Hindari yang sangat intens atau memiliki risiko cedera, seperti angkat beban berat.

Atur intensitas

Latihan harus dilakukan dalam batas intensitas yang aman. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan zona target denyut jantung yang aman berdasarkan detak jantung maksimum Anda.

Awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan

Pemanasan dan pendinginan adalah langkah penting dalam setiap sesi latihan. Pemanasan membantu persiapan tubuh Anda untuk latihan, sedangkan pendinginan membantu menurunkan denyut jantung secara perlahan.

Pantau gejala

Baca Artikel Lainnya :
MUNGKIN ANDA TERTARIK :