– Setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun di bangku sekolah, tidak ada yang ingin menganggur atau tidak dapat memulai karir yang diinginkan. Mendapatkan pekerjaan pertama adalah tujuan utama bagi sebagian siswa pasca lulus SMA.

Lalu, apa yang harus dilakukan supaya bisa cepat dapat kerja? Berikut beberapa cara efektif yang dapat membantu meningkatkan peluang kerja setelah lulus SMA, di antaranya :

Scroll Untuk Lanjut Membaca

1. Menyelesaikan di perguruan tinggi atau sekolah kejuruan

Sebagai permulaan, melanjutkan di perguruan tinggi atau sekolah kejuruan akan meningkatkan peluang Anda untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik setelah lulus SMA.

Pelajari bidang yang ingin Anda geluti dan cari tahu program yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Saat ini banyak program yang dapat diakses secara online atau dengan mode hybrid, sehingga lebih mudah bagi para siswa untuk memperoleh lebih lanjut sambil mempertahankan pekerjaan paruh waktu atau penuh waktu.

2. Memperoleh pengalaman kerja

Pengalaman kerja adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik setelah lulus SMA. Anda dapat memulai dengan mencari pekerjaan paruh waktu, magang, atau relawan untuk mengembangkan keterampilan dan pengalaman.

Sebagai contoh, jika Anda bercita-cita menjadi dokter hewan, Anda dapat mengajukan permohonan magang di klinik hewan atau toko hewan setempat. Ini akan membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang tersebut, serta menambahkan pengalaman yang berharga pada resume Anda.

3. Membangun jejaring

Membangun jejaring sosial dan profesional dapat membantu Anda menemukan peluang pekerjaan yang tepat setelah lulus SMA. Anda dapat bergabung dengan kelompok profesional, komunitas online, atau acara lokal terkait bidang yang Anda minati.

Hal ini dapat membantu Anda terhubung dengan orang-orang yang bekerja di bidang yang sama dan menemukan peluang pekerjaan baru atau magang yang mungkin tidak terlihat di tempat lain.

 

Baca Artikel Lainnya :