.COM | – Buy Now, Pay Later (BNPL) telah menjadi tren yang semakin populer dalam sektor belakangan ini.

Pendekatan ini memungkinkan konsumen untuk membeli barang secara langsung dan membayar secara bertahap dalam beberapa pembayaran, seringkali tanpa bunga atau biaya tambahan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Namun, ada beberapa opini berbeda terkait dampak BNPL terhadap sektor , diantaranya :

1. Pendukung

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Orang-orang yang mendukung BNPL berpendapat bahwa ini memberikan fleksibilitas kepada konsumen untuk melakukan pembelian besar tanpa harus membayar sejumlah besar uang tunai di muka. Mereka juga berpendapat bahwa ini dapat membantu meningkatkan penjualan bagi pedagang dengan mendorong konsumen untuk membeli produk yang mungkin tidak mereka beli jika mereka harus membayar tunai sekaligus.

2. Kritikus

Di sisi lain, kritikus mengkhawatirkan bahwa BNPL dapat mendorong konsumen untuk menghabiskan lebih dari yang mereka mampu, terutama jika mereka tidak memperhitungkan kewajiban pembayaran di masa mendatang.

Selain itu, beberapa khawatir bahwa model BNPL dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan dari biaya keterlambatan dan bunga tersembunyi, yang dapat menjadi beban bagi konsumen yang kurang waspada.

3. Regulator dan Ahli

Regulator dan beberapa ahli menganggap bahwa BNPL memerlukan pengawasan yang lebih ketat untuk melindungi konsumen dari kemungkinan penumpukan hutang yang tidak terkendali. Mereka berpendapat bahwa lebih banyak transparansi diperlukan dalam hal biaya dan risiko yang terkait dengan menggunakan BNPL, serta perlindungan konsumen yang lebih baik terhadap praktik yang tidak etis atau menyesatkan.

Secara keseluruhan, pandangan terhadap BNPL dalam sektor dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang individu, dengan beberapa melihatnya sebagai inovasi yang bermanfaat dalam memfasilitasi pembelian dan pertumbuhan , sementara yang lain menganggapnya sebagai potensi risiko bagi stabilitas individu dan sistem secara keseluruhan.

Peningkatan Populeritas Model ‘Buy Now, Pay Later' (BNPL) dalam sektor mencerminkan pergeseran dalam perilaku konsumen dan inovasi dalam cara pembayaran dilakukan, meliputi:

1. Konsumen

Banyak konsumen melihat BNPL sebagai opsi yang menarik karena kemudahan penggunaan dan fleksibilitas pembayaran yang ditawarkan. Mereka menghargai kemampuan untuk membeli barang-barang tanpa harus membayar sejumlah besar uang tunai di muka, serta memilih jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Penjual

Bagi penjual, BNPL dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan penjualan dengan menarik konsumen untuk melakukan pembelian impulsif dan meningkatkan rata-rata nilai transaksi. Namun, beberapa penjual mungkin juga khawatir tentang risiko pembayaran yang tertunda atau penipuan.

3. Regulator

Regulator cenderung memantau perkembangan BNPL dengan cermat, terutama karena potensi dampaknya terhadap stabilitas dan perlindungan konsumen. Mereka mungkin mencari cara untuk memastikan bahwa konsumen dilindungi dari penumpukan hutang yang berlebihan atau praktik yang tidak etis.

Baca Artikel Lainnya :
Mungkin Anda Tertarik :