.COM | – Sambut Iduladha, Warga Desa Sumberjo di Kecamatan Sarirejo, Kabupaten , (Jatim), menggelar , Sabtu (15/6/2024).

IMG_20240610_222115_11zon
Bs Iklan 970x250_11zon
IMG-20240708-WA0017_11zon
IMG_20230829_204843

dan sambut Hari Raya Iduladha tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat setempat. Tradisi tersebut digelar sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen yang warga bisa nikmati.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ratusan warga antusias mengikuti . Dengan sesuka hati warga membawa makanan, tumpeng, jajanan serta hasil bumi polo pendem ke lokasi acara .

Tak hanya makanan yang dimakan bersama, panitia juga membuat gunungan yang berisi hasil bumi dan akan diperebutkan oleh ratusan warga setempat.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sebelum prosesi berebut gunungan dimulai, sesepuh desa setempat memimpin doa yang dipanjatkan pada Sang Pencipta guna meminta kelancaran dalam menapaki di hari kemudian serta hasil panen masyarakat setempat lebih baik.

Usai doa dipimpin sesepuh desa, sebanyak 4 gunungan yang sudah disiapkan langsung diserbu warga yang sudah menunggu sejak pagi.

Warga yang berebut gunungan mulai dari anak kecil hingga emak-emak. Mereka saling berdesak-desakan demi mendapatkan isi gunungan berupa buah serta sayur mayur.

Warga percaya dengan mendapatkan sebagian isi gunungan, akan membawa berkah baginya dan anggota keluarganya.

Warga mengaku sangat antusias mengikuti tradisi tahunan yang dilaksanakan di desanya.

“Kami setiap tahun ikut berebut gunungan. Senang dan ada berkah tersendiri alhamdulillah,” ungkap salah seorang warga bernama Sutik.

Baca Artikel Lainnya :