.COM | JEPARA – Masyarakat Jepara sangat antusias menyaksikan tradisi larung buang kepala kerbau di Pesta Lomban . Seperti larungan kepala kerbau dalam Pesta Lomban Kupatan digelar hari ini Rabu (17/4) pagi.

Sekitar 200 kapal hias dengan berbagai ukuran mengikuti prosesi yang membawa iring-iringan untuk melarung sesaji berupa kepala kerbau dan ubo rampe lain yang diletakkan dalam sebuah miniature kapal mini untuk dilarung ke laut. Setelah dilarung, sesaji itu kemudian menjadi rebutan para nelayan yang ikut serta meramaikan larungan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sejak adanya pandemi -19 berakhir dua tahun lalu, Pesta Lomban di Jepara kembali digelar secara meriah dan terbuka untuk umum. Kegiatan larungan itu jadi salah satu daya tarik bagi masyarakat sekitar yang ingin menonton tradisi tahunan.

Berdasarkan catatan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, kegiatan ini merupakan festival dengan jumlah peminat terbanyak.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sejak pukul 05.30 WIB, sejumlah warga sudah berbondong-bondong menuju dermaga TPI Ujungbatu Jepara. Mereka memadati area sekitaran TPI.

Baca Artikel Lainnya :
Mungkin Anda Tertarik :