.COM | – Di era modernisasi pariwisata, peran seniman semakin krusial dalam menghubungkan wisatawan dengan budaya dan kearifan lokal. Sebagai penjaga dan pewaris budaya, seniman memiliki tanggung jawab untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan budaya bangsa kepada dunia.

IMG_20240610_222115_11zon
Bs Iklan 970x250_11zon
IMG-20240708-WA0017_11zon
IMG_20230829_204843

“Melalui berbagai karya seni, seperti pertunjukan tari tradisional, pameran seni rupa, dan festival budaya, seniman mampu menarik minat wisatawan untuk mengenal lebih dalam budaya lokal,” kata Balon Wawako , DR. (Can) Ariyanto, S.E.,M.M., setelah mengikuti forum diskusi publik dengan para seniman di Restauran Jamur Jawon, Bantul, Sabtu (8/6/2024).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Menurut Ariyanto, peran penting tersebut tentunya dapat menumbuhkan dan mengembangkan sektor pariwisata di .

“Contoh peran seniman untuk sektor pariwisata, menciptakan daya tarik . Adanya pertunjukan seni, seniman menghadirkan berbagai pertunjukan seni seperti tari tradisional, wayang kulit, gamelan, dan kontemporer yang menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Misalkan, Sendratari Ramayana di Candi Prambanan dan pertunjukan di Taman Budaya .” ungkapnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pameran seni Rupa, galeri seni dan ruang pamer di memamerkan karya seni lukis, patung, instalasi, dan kriya yang menjadi daya tarik bagi pecinta seni. Contohnya, Biennale dan Affandi Museum.

Peran penting lainnya kata Ariyanto adalah kampung seni. Kampung seni seperti kampung Batik, kampung Gerabah, dan kampung Gamolan menawarkan pengalaman budaya dan interaksi langsung dengan seniman serta membeli produk kerajinan tangan.

Seniman juga berperan memperkaya pengalaman . Festival dan acara budaya, terkenal dengan berbagai festival dan acara budaya yang melibatkan seniman, seperti Festival Kesenian (FKY), Sekaten, dan Alila Biennale.

Seni jalanan, pertunjukan seni jalanan di dan tempat lainnya menghadirkan hiburan dan suasana yang meriah bagi wisatawan.

Kelas dan workshop, seniman menawarkan kelas dan workshop seni seperti membatik, menari, dan melukis untuk memberikan pengalaman edukatif bagi wisatawan.

Baca Artikel Lainnya :