.com – Memasuki hari ke-11 pendaftaran para caleg, Kamis (11/05/2023) kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten mulai didatangi sejumlah pengurus dan kader partai politik peserta .

Setelah DPC Kabupaten mengawali pendaftarannya, di hari yang sama DPD Partai juga mendaftarkan bakal calon anggota legislatif () ke Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Ketua DPD Partai H. Kaharudin menyatakan, pihaknya melakukan langkah strategis dalam persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Partai secara resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif () ke Kantor . Sesuai arahan dari pimpinan partai para ini secara keseluruhan didaftarkan ke masing – masing daerah pada tanggal 11 Mei 2023 hari ini Kamis pukul 11.00 WIB,” terang Kaharudin di kantor usai mendaftar para . Kamis (11/05/2023).

Ia mengungkapkan, target pertarungan Partai dalam Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang, yakni menargetkan 10 kursi di DPRD .

“Kami berusaha keras untuk mencapai target yang tinggi ini. Kami melihat apa kekurangan kami pada pengalaman pemilu 2019 lalu, dan pada kesempatan tahun 2024 ini, kami berupaya memaksimalkan segala kekurangan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu kekurangan yang menjadi fokus utama Partai adalah struktur internal partai. Kaharudin  mengakui bahwa masih terdapat kekurangan dalam struktur partai pada pemilu 2019. Oleh karena itu, kata dia, untuk pemilu tahun 2024, partai ini telah mempersiapkan diri dengan baik.

“Pengalaman di Pileg 2019, kami lihat apa saja kekurangan itu. Maka di 2024 nanti semuanya kita upayakan secara maksimal, sebagai contoh yaitu struktur partai mulai tingkatan DPW, DPD, Kecamatan sampai dengan DPRD, dan alhamdulillah partai kami sudah lengkap, bahkan juga pelatihan saksi mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga di masing-masing TPS,” jelasnya.

Persiapan untuk menghadapi persaingan politik di , jelas Kaharudin, Partai telah menyusun daftar lengkap 50 , dengan Dapil 1 sebanyak 10 kursi, Dapil 2 sebanyak 11 kursi, Dapil 3 sebanyak 9 kursi, Dapil 4 sebanyak 10 kursi, dan Dapil 5 sebanyak 10 kursi.

“Dalam perjalanannya, kami menjalankan prinsip partai untuk memberikan peluang sebesar 34 persen bagi perempuan dalam daftar calon. Ini merupakan kewajiban sesuai dengan aturan perundang-undangan yang mengharuskan 30 persen keikutsertaan perempuan,” ungkapnya.

Baca Artikel Lainnya :