.COM | – Di Awal Juli 2024, Badan Pusat Statistik merilis data propinsi termiskin di Indonesia. Untuk wilayah Pulau Jawa, Daerah Istimewa kembali menjadi Propinsi termiskin selama 3 kali.

IMG_20240610_222115_11zon
Bs Iklan 970x250_11zon
IMG-20240708-WA0017_11zon
IMG_20230829_204843

Hal ini menjadi catatan tersendiri karena di kenal sebagai Kota , Kota , Kota Budaya dan masih banyak lagi julukan yang tersemat di Daerah Istimewa .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Maka perlu adanya upaya untuk mengentaskan kemiskinan di DIY ini. Salah satu strategi utama yang digunakan adalah dengan memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah () dan mengatasi pengangguran, khususnya di sektor pariwisata Hotel dan Kapal Pesiar luar negeri.”

memainkan peran penting dalam perekonomian DIY, dengan mempekerjakan banyak orang dan berkontribusi pada produk domestik ,” kata Akademisi dan Praktisi Usaha Pariwisata DIY, DR. (Can) Arya Ariyanto, SE.MM., Senin (8/7/2024).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Memperkuat kata Arya, dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan, dan mengurangi kemiskinan.

“Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai upaya, seperti: meningkatkan akses ke pendanaan ; banyak di DIY kesulitan mendapatkan akses ke pendanaan formal. Hal ini dapat diatasi dengan menyediakan program pinjaman dan hibah yang lebih mudah diakses, serta meningkatkan literasi di kalangan pelaku .”

“Mempermudah perizinan usaha: Proses perizinan usaha yang rumit dan memakan waktu dapat menjadi hambatan bagi untuk berkembang. Perlu dilakukan penyederhanaan regulasi dan digitalisasi proses perizinan untuk mempermudah dalam memulai dan menjalankan usahanya,” jelas Arya yang juga Dirut Jogkem Grup itu.

Meningkatkan pelatihan dan pendampingan. Pelaku membutuhkan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan , manajemen, dan pemasaran mereka.

“Pemerintah dan organisasi non-pemerintah dapat bekerja sama untuk menyediakan program pelatihan dan pendampingan yang berkualitas dan mudah diakses,” sambungnya.

Membuka akses pasar: di DIY perlu dibantu untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik domestik maupun .

“Hal ini dapat dilakukan melalui promosi produk , partisipasi dalam pameran dagang, dan pengembangan platform e-commerce serta target Ekspor Produk di beberapa negara yang memiliki banyak TKI di negara tersebut,” paparnya.

Baca Artikel Lainnya :