.com – Semarakkan momentum Nasional tahun 2023, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fitrah mengadakan serangkaian acara.

Kegiatan bersama Suporter Santri yang dimulai dengan Upacara Akbar dan istigosah kebangsaan yang dipimpin oleh Gus Ahkam diikuti oleh 5000 santri dilanjutkan dengan Pelepasan balon dan pemotongan tumpeng, ditutup dengan Fun Football, Minggu (22/10/2023).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pembina Upacara Akbar Ustad Nasirudin mengajak para santri khususnya Ponpes Al Fitrah untuk istiqamah pada jalan perjuangannya, membela agama dan bangsa, serta menjaga martabat kemanusiaan.

“Saya juga mengajak para santri dan masyarakat Indonesia untuk terus mendoakan para pahlawan bangsa, termasuk kiai dan ulama, yang telah syahid dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemaslahatan Indonesia,” ujarnya.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Lebih lanjut diungkapkan Nasirudin, dulu ketika Indonesia masih dijajah, para santri turun ke medan laga, berperang melawan penjajah. Ada banyak catatan sejarah yang menggambarkan kiprah para santri berperang melawan penjajah.

Dengan menggunakan senjata bambu runcing yang terlebih dahulu didoakan Kiai Subchi Parakan Temanggung misalnya, mereka tidak gentar melawan musuh. Di Semarang, ketika pecah pertempuran lima hari di Semarang, para santri juga turut berada di garda depan perjuangan.

“Di tempat lainnya sama. Santri selalu terlibat aktif dalam peperangan melawan penjajah. Termasuk di , Resolusi Jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy'ari membakar semangat pemuda Indonesia melawan Belanda,” ungkapnya.

Baca Artikel Lainnya :
Mungkin Anda Tertarik :