.com – Peringatan , TNI Angkatan Darat sangat peduli terhadap perkembangan dan kemajuan santri di Indonesia sebagai salah satu benteng kokoh pelindung NKRI.

Hal yang sama ditunjukkan oleh Komandan /,Letkol Arm S.I.P.,.., saat menghadiri Peringatan Nasional (HSN) tahun 2023 di Halaman Gedung Pemerintah kabupaten , , Minggu (22/10/2023).

Peringatan HSN tahun ini mengusung tema ‘'Jihad Santri Jayakan Negeri”. Dengan dipipmpin langsung oleh Bupati , Dr. Yuhronur Efendi MBA.

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan tentang Keputusan (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015 yang mana dijelaskan bahwa pada 22 Oktober diperingati sebagai Nasional. Penetapan 22 Oktober sebagai merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sejak penetapan pada 2015 tersebut, selalu diadakan rutin peringatan di Kabupaten

“Maksud dari tema, santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan ‘tidak'. Santri dengan berbagai latar belakangnya selalu bersiap sedia mendamarbaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Bupati .

Baca Artikel Lainnya :