– Memiliki potensi pertanian dan peternakan, bahkan berpredikat sebagai lumbung pangan nasional, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten gencarkan pelatihan untuk petani milenial, yangmana akan menjadi sasaran regenerasi petani masa depan.

Upaya yang dilakukan salah satunya ialah mengimplementasikan program dari Kementerian Pertanian yakni Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau P4S. P4S sendiri merupakan kelembagaan pelatihan dengan metode permagangan pertanian dan perdesaan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh pelaku utama dan pelaku usaha secara swadaya baik perorangan maupun kelompok.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Regenerasi petani sangatlah penting, maka dari itu sumber daya petani yang berkualitas harus kita bentuk sejak dini. Karena kompetensi merekalah yang akan menentukan berkembangnya potensi pertanian . DKPP sejak 2022 telah aktif mendampingi berlangsungnya program P4S dan tahun depan akan kita susun program petani milenial,” tutur Kepala DKPP Kabupaten Mohammad Wahyudi saat ditemui, Senin (25/9) di kantor DKPP .

Menjadi pusat dilaksanakannya P4S, memaknai hadirnya P4S sebagai sarana membangun pertanian yang regeneratif untuk mencapai ketahanan pangan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Tujuan kita ialah membentuk pertanian dengan konsep holistik antara pembangunan tani, ternak, dan sumber daya manusia,” tutur anggota P4S Kurniawan Adi.

Baca Artikel Lainnya :
MUNGKIN ANDA TERTARIK :