menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Participatory Action Research (PAR).

Kegiatan menjadi Proker PAR mahasiswa KKN sekaligus merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, salah satunya dengan menggelar workshop implementasi kurikulum merdeka (IKM) untuk lembaga yang ada di Desa Kaligerman Kecamatan Karanggeneng Kabupaten .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Workshop IKM tersebut berlangsung di MI Mahrul Ulum dan SDN Kaligerman, disambut dengan antusias oleh kedua kepala sekolah baik dari MI Bahrul Ulum dan juga SDN Kaligerman dan juga guru-guru dari masing-masing lembaga serta perangkat Desa Kaligerman.

Pada kegiatan workshop IKM tersebut, KKN PAR Universitas Bilfath mendatangkan pemateri yang sangat hebat yakni Zanuba Arifah Khifshoh, M. Pd yang merupakan Fasilitator Sekolah penggerak angkatan ke-2 sekaligus Fasilitator Daerah.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Wah Bagus MB Mas, Karena penerapan setiap kurikulum memang jadi polemik untuk saat ini, kami sambut dengan baik kalau begitu,” tutur Nur Rozi, S. Pd. I. kepala sekolah MI Bahrul Ulum Kaligerman.

Tidak hanya itu, kegiatan workshop IKM bersama lembaga yang ada di Desa Kaligerman dalam rangka KKN PAR juga mendapat dukungan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“Wah bagus, silahkan dilaksanakan karena workshop ini mampu membantu memberi gambaran kurikulum merdeka sebagai wujud merdeka belajar di sekolah dasar mengenai profil pelajar Pancasila, struktur kurikulum merdeka di sekolah dasar, dan perangkat ajar yang digunakan, jadi saya rasa ini sangat bermanfaat bagi para pengajar di lembaga kaligerman,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan Brik Kumalah, S. H., M. Kn..

Menurutnya, kegiatan ini menjadi momen yang sangat langka bisa menyatukan dia lembaga yang berbeda dalam satu Desa untuk bersama-sama belajar mengenai kurikulum merdeka demi anak bangsa.

Baca Artikel Lainnya :
MUNGKIN ANDA TERTARIK :