.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melaunching inovasi Gerakan Pelajar Bersepeda Ke Sekolah atau disingkat menjadi Rajapedal, Jumat (21/07/2023) di SMP N 1 Deket.

Gerakan bersepeda tersebut ditujukan untuk siswa dan siswi SMP N 1 Deket agar menggunakan sepeda untuk menunjang mobilitas sehari-hari, salah satunya untuk berangkat ke sekolah.

Menurut Yuhronur Efendi saat melaunching gerakan Rajapedal pagi hari ini, bahwa dengan bersepeda akan menumbuhkan karakter siswa dalam hal manajemen waktu, disiplin, solidaritas, serta cinta lingkungan.

“Gerakan ini salah satu upaya menumbuhkan karakter siswa dalam banyak hal mulai dari manajemen waktu, kesabaran hingga cinta lingkungan. Karena dengan bersepeda akan memberikan dampak positif bagi tubuh dan kebersihan lingkungan terutama udara,” tutur Bupati yang akrab disapa .

Selanjutnya, menerangkan bahwa dengan menggunakan sepeda ke sekolah akan mencegah penggunaan sepeda motor bagi siswa yang belum memiliki izin mengemudi. Lantaran tindakan tersebut sangat berbahaya, terlebih-lebih bagi anak-anak sebab dapat menimbulkan .

“Menggunakan sepeda atau orang nyebutnya sepeda pancal itu dapat mencegah penggunaan sepeda motor pada anak dan tentu mencegah lalu lintas pada anak. Karena anak-anak sekolah itu masih dibawah umur tentu belum memiliki izin mengemudi dan belum paham betul cara mengoperasikan sepeda motor dengan baik,” terang .

Baca Artikel Lainnya